Posted by : Mas Nirwana Blog Selasa, 12 Mei 2015

||Mas Nirwana Blog|| ||Powered by Mas Nirwana Foundation||
||Contact us: FacebookTwitterG+||
Hello sobat Nirwana Blog, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips singkat untuk merawat baterai laptop. Sebenarnya cara ini  cukup sederhana dan berawal dari ketidaksengajaan saya yang hobinya main game di laptop...hehehe... Dikarenakan hobi saya itu, akhirnya baterai laptop saya jadi korban pertama saya. Sudah bisa ditebak kan apa yang terjadi? Yups, baterai laptop saya langsung rusak tanpa izin saya terlebih dahulu...hehehe...

Kerusakan baterai saya terjadi karena kebiasaan yang sering saya lakukan dahulu. Bahkan mungkin sekarang pun ada diantara Anda-anda yang melakukan hal yang sama dengan apa yang saya lakukan. Kebiasaan buruk tersebut adalah selalu mencabut charger laptop ketika baterai telah penuh dan mencasnya kembali setelah beterai lemah. Dikarenakan kebiasaan buruk itu akhirnya baterai laptop saya meninggal tanpa pamit dengan saya terlebih dahulu...hehehe...

Nah, berhubung baterai laptop sya sudah terlanjur rusak ya akhirnya tidak ada jalan lain selain mengganti baterai tersebut. Agar apa yang terjadi dengan saya tidak terulang kembali kepada Anda-anda sekalian, berikut ini akan saya berikan sedikit cara bijak agar baterai tak cepat rusak.

  1. Ini pengalaman pahit saya, JANGAN CABUT CHARGER LAPTOP WALAUPUN BATERAI SUDAH PENUH KETIKA LAPTOP SEDANG DIGUNAKAN. Cabutlah charger ketika laptop sudah dimatikan.
  2. Silakan cas baterai laptop sampai penuh dalam kondisi mati tapi setelah penuh segera cabut charger laptop.
  3. Sebaiknya gunakan laptop dalam kondisi daya baterai di atas 30%.
  4. Sebaiknya jika akan mematikan laptop, setidaknya ketika daya baterai di atas 30%.
  5. Jika baterai laptop terlanjur ngedrop, cas lah terlebih dahulu hingga penuh dan nyalakan kembali setelah baterai laptop terisi penuh.
  6. Ketika baterai laptop sedang kondisi kritis (<30%), JANGAN dihidupkan dengan kondisi baterai sedang dicas.
  7. Jangan gunakan laptop terlalu lama agar tidak mati sendiri karena sedikit banyak ini juga akan mempengaruhi kesehatan baterai laptop Anda jika dilakukan terus menerus.
  8. Kondisi di atas tidak lah mengikat, silakan lakukan eksperimen demi kesehatan baterai laptop Anda karena kehesatan baterai mencerminkan jiwa yang sehat...Hahahahaha...

Terakhir, sayangilah baterai laptop Anda agar laptop juga menyayangi Anda dan rawatlah baterai laptop sebaik Anda merawat diri Anda sendiri. Hahahahaha....Piiiiiissss... Bagi Anda yang punya pengalaman sendiri silakan share di kotak komentar dan jika mungkin ada yang memiliki tips lain silakan dishare di mari. Indahnya berbagi. Demikian celoteh dari saya, salam blogger, salam ceria, dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Jika perawatan sudah Anda lakukan tetapi baterai masih bikin jengkel coba bacalah artikel berikut:
1. Baterai Laptop Tak Bisa Mengisi/Charging
2. Cara Perbaiki Baterai Laptop Rusak/Bocor

Finish Read? Let's Say:


Thank's for visit us:

Leave a Reply

Kami merasa senang jika Anda bersedia meluangkan sedikit waktunya untuk memberikan tanggapan Anda agar Mas Nirwana Blog menjadi lebih baik lagi.

Terima Kasih Atas Kunjungannya

Salam Kreatif....!!!!

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

- Copyright © Mas Nirwana Blog - Robotic Notes - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -