Posted by : Mas Nirwana Blog Minggu, 01 Desember 2013

||Mas Nirwana Blog|| ||Powered by Mas Nirwana Foundation||
||Contact us: FacebookTwitterG+||
Hello sobat Nirwana Blog, sebelumnya saya telah memposting Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Bocor, nah untuk yang sekarang masih tentang baterai laptop juga namun sedikit berbeda dari sebelumnya, yaitu tentang Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Bisa Mengisi/Charging. Artikel ini saya temukan di blog tetangga dan berikut selengkapnya.

Plugged In, Not Charging
Masalah ini yang umum terjadi pada baterai laptop, jika anda mengalami masalah ini dan anda cari solusinya di internet, hampir semuanya mengatakan baterai dari laptop telah rusak. Biasanya tanda kalau baterai laptop bermasalah bertuliskan "plugged in, not charging" artinya memberi tenaga, tetapi tidak mengisi. Kemudian orang-orang awam berpikir itu adalah masalah hardware, padahal baterai laptopnya baik-baik saja.

Tetapi ada teknisi yang berpikir kalau itu adalah software management di device managernya lah yang corrupt. Masalah baterai ini biasanya terjadi pada windows 7, jadi yang harus dilakukan adalah re-install software API baterai tersebut melalui device manager.

Berikut langkah-langkahnya:
  1. Cabut adaptor
  2. Shutdown
  3. Cabut baterai
  4. Colok adaptor TANPA memasang baterai
  5. Hidupkan laptop
  6. Klik kanan di My computer => pilih Manage => pilih Device Manager => Battery => klik kanan uninstall Microsoft ACPI Compilant Control Method Battery
  7. Shutdown
  8. Cabut adaptor
  9. Pasang baterai
  10. Colokkan adaptor
  11. Nyalakan kembali laptop anda.
Cara lainnya:
  1. Buka My Computer
  2. Klik kanan Properties pilih Device Manager => Battery => klik kanan uninstall Microsoft ACPI Compilant control method battery
  3. Lepas baterai
  4. Setelah minimal 1 menit pasang kembali
  5. Di Device Manager klik kanan Scan For Hardware Change
  6. Lepas Adaptor
  7. Kemudian pasang kembali
Baiklah cukup sekian tips singkat Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Tidak Bisa Mengisi/Charging. Semoga bisa membantu masalah anda. Namun jika dengan cara di atas masalah anda tidak terselesaikan, coba instal kembali Operating System anda & kalau masih tetap tidak ada pengaruhnya, sudah pasti baterai anda yang minta di LemBiRu (Lempar Beli yang Baru) ahahahaha. Terima kasih & good luck!


UPDATE: 12 MEI 2015

Sebelumnya maaf karena tidak bisa membalas komentarnya satu persatu, maklum sedang sibuk...hehe.. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengupsate artikel ini. Bagi agan-agan yang mengalami masalah seperti laptop tidak bisa dinyalakan meski kondisi baterainya sudah terisi penuh atau laptop tidak bisa dinyalakan tanpa charger (kondisi baterai terisi penuh/ada dayanya). Cobalah untuk melakukan ini.
  1. Colokkan charger ke laptop lalu tekan tombol power. (Pasti bisa hidupkan?)
  2. Setelah laptop menyala, biarkan baterai terisi penuh.
  3. Setelah baterai penuh, cabutlah charger laptop Anda.
  4. Biarkan sampai baterai laptop ngedrop. (Note: Kondisi laptop tidak dilipat)
  5. Setelah baterai ngedrop, cas lah laptop sampai penuh. (Note: Laptop dalam kondisi mati dan tidak dilipat)
  6. Setelah baterai penuh, cabut charger Anda.
  7. Coba hidupkan kembali laptop Anda.
  8. Jika masalah laptop hanya karena Tak Hidup Jika Menggunakan Daya Baterai, seharusnya sekarang laptop Anda telah kembali normal.
  9. Congratulations...!!! Laptop Anda kembali sehat seperti semula.

Catatan:
* Tips ini hanya untuk Anda yang mengalami masalah pada laptop yang tidak bisa dihidupkan menggunakan Power Baterai dan baru bisa dihidupkan ketika tersambung ke aliran listrik. Kemudian laptop tetap bisa menyala meski charger dicabut. Lalu laptop kembali tidak bisa dinyalakan jika hanya menggunakan daya baterai.

** Jika masih tidak berhasil, coba ulangi langkah-langkah di atas hingga 3 kali. Jika masih belum berhasil juga, inilah saatnya Anda harus berbagi rezeki dengan tukang Service Computer. Hehehehe...

*** Baterai laptop akan cepat rusak jika Anda tak menggunakannya dengan bijak.

**** Untuk mengetahui cara merawat baterai laptop silakan baca artikel berikut:
Cara Bijak Merawat Baterai Laptop 

Finish Read? Let's Say:


Thank's for visit us:

{ 67 Tanggapan ... read them below or Comment }

  1. mas kalau tanda peringatan batery mau habis hilang + muncul tanda silang merah gimana memperbaikinya...? mohon jawabannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanda peringatan hilang gimana tuh maksudnya gan??
      Kalau tanda silang itu artinya baterainya sudah bermasalah alias sdah bocor gan...berikut cara memperbaikinya...

      http://masnir.blogspot.com/2013/12/cara-memperbaiki-battery-laptop-yang.html

      Hapus
    2. mas laptop saya drop gara-gara dipakai adik main game dan ketika main game laptop tidak di cas sampai laptopnya drop.
      Ketika saya mengecasnya,kok enggak masuk/mengisi.
      merk acer type 4739..
      kira-kira itu apanya mas yang bermasalah...?
      mohon balas

      Hapus
    3. Kalau itu ya jelas baterainya yg sudah eror gan..
      Seharusnya, walaupun baterai laptop sudah penuh tapi masih tetap dipake contohnya main game ya biarin aja jgn dicabut casnya,, entar rusak baterainya..
      Cabut casnya entar aja kalau laptop sudah tidak di pake lagi..
      Sory telat balasnya,, baru bisa blogging lagi ini... hehehe

      Hapus
  2. cara di atas gk bisa ,ada cara lain gk buat benerin baterai laptop yang tidak charging

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau cara itu gk bisa,, kemungkinan baterainya yang memang sudah rusak atau hampir rusak...

      Hapus
  3. Mas, gmna solusinya saya punya laptop klu di cas icon batrai pada taskbar menunjukkan sedang mengisi, lampu indikator jg nyala, pertanyaan sy knp tidak ada daya yg masuk?
    Mksh sblmnya mas..

    BalasHapus
  4. Kalau masalah itu ada kemungkinan drivernya yang bermasalah tapi besar kemungkinan baterai itu sendiri yang memang sudah mulai bermasalah. Solusinya ya tinggal instal ulang windowsnya saja tapi kalau itu gak menyelesaikan masalah ya ganti saja lagi baterainya. Harga tu baterai ya emang maknyos banget... :D

    BalasHapus
  5. trims banyak ya mas agan Agus Nirwana, sekali lagi terima kasih. ane ngalamin kasus diatas & setelah sedikit bersabar serta 3 X percobaan baru berhasil. Gak kebayang klo ane ke tempat service (hampir) & mesti ganti baterai, kebetulan make Dell Latitude e6430 yang pasti keluar kocek 1 jutaan. trims ya agan trims sangat ... ! x-)

    BalasHapus
  6. Klo laptop saya tuh klo lampu indikator baterai (pada laptop) gak sesuai
    Contoh
    Terkadang terlihat seperti di carg
    Terkadang seperti baterai mau habis..

    BalasHapus
  7. saya mau nanya nih! kenapa ya cas laptop gue aneh sekali? kan bulan kemarin saya cas laptop saya 2 jam = 4 jam durasinya kan. tapi kok akhir2 bulan ini aneh sekali! saya cas laptop saya 2 jam = 2 jam durasinya? kok aneh! sama saja saya main 2 jam.. tolong bantuannya gan :D

    BalasHapus
  8. Wah tapi laptopku jenis laptop yg menyatu sm batteinya jadi gak bisa dilepas.. otomatis jadi gak bisa ikutin prosedur diatas.. gmn dong? Pdhal lg kena masalah "plug in, not charging" jg....

    BalasHapus
  9. Mas mau tanya . Waktu itu saya sedang pakai leptopnya lalu saya ketidran dan leptopnya dalam keadaan nyala . Pas saya bangun leptopnya sudah mati total . Saya charger tidak bisa masuk .gmna ya gan? Mohon responnya . Thanks

    BalasHapus
  10. Mas mau tanya laptop saya kok waktu saya cas ada tulisan batrei 93% Available plugged, not charging tapi kalu saya cabut colokanya nggak bisa di on kayak nggak ada daya , gimana ya mas solusinya saya pake Acer window 7

    BalasHapus
  11. Gan laptop ane asus baterainya 0% terus ga naik2 pas dicas terus ada tulisannya 0% available plugged in charging bukan not charging kaya orang2, indikator baterai dilayar juga diem aja biasanya naik turun kalo ngecas.... Mohon solusinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama laptop gw jg gtu, tulisan nya plug in charging tp persen nya gak nambah2,.kira2 ap ny yg rusak yaa

      Hapus
  12. Gan,kok laptop saya udah dicas tapi tdk mau mengisi.mohon solusinya gan😢

    BalasHapus
  13. Gimana cr perbaiki (plugged in, not charging), lampu tanda isi baterai berkedip-kedip ?

    BalasHapus
  14. makasih banyak mas atas informasinya laptop saya sekarang udah bisa ngecas lagi

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah gan berkat artikel ini laptop saya normal kembali. Thanks gan.

    BalasHapus
  16. Alhamdulilah laptop udah normal lagi.. Makasih informasinyaa.. Barakallah

    BalasHapus
  17. Haloo..
    saya ada problem
    macbook saya kan beberapa lama digunakan tanpa batre (hanya di colokin aja klo pake) karena batre lama saya melembung dan kemarin saya beli batre baru dan saat di pakai tulisannya 74% available (plugged in, not charging)

    Udah di coba cara di atas tapi ttp gk bisa normal..
    apa ada yg tau solusi nya?

    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besarnya ya baterainya yang rusak dek...
      Coba tnya saja langsung ke tukang service biar tau pastinya...
      Tapi yg psti itu efek dari penggunaan tanpa baterai...
      Kira-kira begitu yg saya tau...

      Hapus
  18. gan kalo nge carge tapi nggak bisa 100%, tapi yang sebelum sebelumnya bisa nge charge sampe 100%. itu gimana??

    BalasHapus
  19. Gan, klo laptop saya tidak mau nge carge, jd klo di carge itu cuma 5% trus gk mau naik sampai 100%, jd klo pkek laptop harus dlam kondisi nge carge..

    Kira kira apanya itu gan yaa, trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persis punya ane gan .. caranya ikuti cara di atas .. unistal yg di suruh di atas.. matikan laptop trus d charge .. (jgn di nyalakan) tunggu 1 jam.an insyaAllah ngisi, tp ya klo batrenya abis harus sperti itu lagi hehe

      Hapus
  20. Gan laptop ane 'hp' dalam keadaan laptop menyala daya tidak terisi dan tidak berkurang saat di carge, tetapi dalam keadaan mati atau sleep daya terisi .. ada solusinya gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ikuti cara di atas gan?
      Itu sama masalahnya dengan yg ada dipostingan.

      Hapus
  21. Agan2 bisa kasi solusi ga

    BalasHapus
  22. Agan2 bisa kasi solusi ga'ni laptop aku ga bsa ngisi daya'saat kita cas malahan daya batry ny brkurang'trs kita cabut batry nya ga bsa hibup walaupun colokan charger nya'

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. icon battrey silang walaupun sudah di colokin ke listrik chargernya.
    pengalaman saya itu ada masalah pada OS nya, karena pas saya install Ulang icon batrreynya normal lagi. tp buat teman2 yg ada masalah dengan chargernya ini pengalaman saya selengkapnya di http://satu1komputer.blogspot.com/2015/08/mempebaiki-charger-laptop-yang-rusak.html

    TQ :D

    BalasHapus
  25. Mas... Mau nanya ni laptop nya jenis hp. Masalah nya tidak bisa hidup jika pakai baterai dan tanpa batrai(di cas ) mas. Ni yang rusak apanya ya mas?

    BalasHapus
  26. Gan tempat colokkan cas laptop saya longgar, jdinya klo dicas baterainya gk mau masuk. Itu gmn ya?

    BalasHapus
  27. Laptop saya ga bisa hidup kalo sambil nge charge harus lepas baterai dulu baru bisa nyala, tolong bantu cara baikinnya ya gan

    BalasHapus
  28. terima kasih gan akhirnya bisa lagi mengisi....semoga sukses gan.....

    BalasHapus
  29. Kalo untuk baterai tertanam gimana tuh gan solusinya.

    BalasHapus
  30. kak bagaimana jika note book sedang dalam keadaan mati total, saat kita ingin mengecas tapi lampu pada tempat casnya tidal menyala. Dan saat kita mencoba menghidupkan notebooknya masih mati. notebook saya merk hp. mohon bantuannya kak

    BalasHapus
  31. Mas notebook asus saya batrainya kan nempel tu alias ga ada batrai,terus kalo ga dicas ga iduo dan lampu tanda ngecasnya kedip kedip dari merah ke hijau. Itu batrainya rusak apa gimana yaa?

    BalasHapus
  32. Mas notebook asus saya batrainya kan nempel tu alias ga ada batrai,terus kalo ga dicas ga iduo dan lampu tanda ngecasnya kedip kedip dari merah ke hijau. Itu batrainya rusak apa gimana yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kemungkinan baterainya yg bermasalah atau baru mulai rusak. Tabda baterai yg sudah rusak biasanya ada tanda silang di icon baterainya.

      Hapus
  33. mohon bantuannya mas, laptop saya asus, baterainya tidak mau terisi 0% terus, tapi keterangannya sudah charging plugged in. tapi kalau saya lepas adaptornya, tiba2 langsung mati. bagaimana solusi nya mas? terima kasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nihh, sama kayak aku, klo udah tau solusinya, kasih tau ke aku yaaa

      Hapus
  34. batrai laptop saya batrai tanam mas, gak bisa di lepas

    BalasHapus
  35. Kak gmn kalau batreny g bisa dicabut. Ada cara lain? Notebook saya asus x200ma windows 8

    BalasHapus
  36. Alhmdulillah akhir ny bisa bateri saya terisi,, terima kasih banyak bg..

    BalasHapus
  37. Alhmdulillah akhir ny bisa bateri saya terisi,, terima kasih banyak bg..

    BalasHapus
  38. Kalau untuk yg baterai tanam,, cb BCA kembali dan ikuti alur artikel yg telah update di atas dg baik. Kalau memang masalahnya hanya sprti di atas, hrs nya lptop sudah kembali sprti semula. Tapi kalau tak ada perubahan meski sudah mengikuti arah artikel di atas, nah itu saatnya agan2 berbagi rezeki dg tukang service gan...hehe
    Sekian dari saya, maaf kalau masih kurang bisa membantu agan2 semuanya. Salam ceria.

    BalasHapus
  39. Kalau laptopnya tidak bisa nge cass sedangkan cass dan batereinya masi bagus ketika di coba di laptop lain..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ni mas sama kaya punya saya seperti itu keadaannya..
      Mohon bantuannya mas untuk memperbaikinya gimana

      Hapus
    2. Iya ni mas sama kaya punya saya seperti itu keadaannya..
      Mohon bantuannya mas untuk memperbaikinya gimana

      Hapus
  40. Mas laptop sy acer aspire masalahnya sudah lama tidak saya gunakan selama 2 bulan terakhir sy coba merecharge sama sekali tidak bisa menyala /power mati,kira2 apa ya penyebabnya? Mohon solusi agan 2 yg baik

    BalasHapus
  41. gan saya baru beli batrai toshiba tiba tiba kalo mati ngecas aja tp klo di nyalakan gak mengisi itu kenapa ya gan

    BalasHapus
  42. Bro laptop ane acer aspire kalau di cas laptop nya 100% terus. trus ane cabut cas ny langsung mati laptop ny pokok ny batrai nya 100% klo dalam keadaan mati laptop ny udh terisi penuh.gmana yaaa solusi nya bro

    BalasHapus
  43. sya mau nanya donk laptop sya kan asus yg batrenya tanem nah kalo dicharge itu plugged in, charging tp gak penuh" dan cma 0% terus dulunya sih kalo dicharge berhenti di 89% tpi sekarang malah 0% terus dan ga mau naik. Itu gimana ya solusinya?

    BalasHapus
  44. Mas kenapa ya laptop saya Lenovo G460 saat di cas 5 atu 10 menit kemudian terputus mas tidak ngecas lagi. Trus kalau di cabut balik lagi kek gitu mas. Tapi kalau saat mati di cas aman" aja mas
    Itu gimana solusi nya ?

    BalasHapus
  45. Terimakasih mas, tipsnya berhasil hehe

    BalasHapus

Kami merasa senang jika Anda bersedia meluangkan sedikit waktunya untuk memberikan tanggapan Anda agar Mas Nirwana Blog menjadi lebih baik lagi.

Terima Kasih Atas Kunjungannya

Salam Kreatif....!!!!

Welcome to My Blog

- Copyright © Mas Nirwana Blog - Robotic Notes - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -