Posted by : Agus Nirwana Senin, 09 Juli 2012

Sebelum kita bahas cara-cara penggunaan watermark ini, alangkah lebih baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa sebenarnya watermark tersebut. Watermark adalah sebuah teks atau gambar yang bisa kita letakkan di belakang isi dokumen kita. Biasanya Watermark digunakan untuk mempertegas isi dari dokumen tersebut. Misalnya kita letakkan tulisan “Milik Pribadi Bukan Untuk Umum” , atau “Tidak Untuk Diperbanyak”, atau “Untukmu Sayang” dan lain-lain, tergantung kebutuhan dan apa tujuan kita membuat Watermark tersebut.

Baiklah langsung saja. Cara membuat Watermark ini cukup sederhana. Pertama buka Microsoft Word milik sobat seperti biasanya. Tampilan menu  awal dari Microsoft Word kira-kira seperti di bawah ini (Dalam percobaan ini saya menggunakan Office 2010).

Dari gambar di atas dapat kita lihat ada beberapa pilihan menu yang disajikan. Seperti Home, Insert, Page Layout, References, Mailling, Review, dan View. Masing-masing menu tersebut sudah memiliki fungsinya masing-masing namun untuk kali ini kita tidak akan membahas fungsi dari masing-masing menu tersebut ya sobat (kebanyakan gitu sob,,hehehe).

Yaps, kembali lagi ke langkah pembuatan watermark yang berikutnya. Dari sekian banyaknya menu yang disajikan oleh Ms. Word, untuk membuat watermark, klik saja pada menu Page Layout (atau bisa juga dengan menekan Alt pada keyboard lalu tekan P). Lalu akan muncul tampilan kurang lebih seperti ini.


Melalui gambar di atas dapat kita lihat sendiri menu watermark (Yang saya lingkari dengan warna hijau). Lalu klik menu watermark tersebut, maka akan muncul beberapa pilihan, seperti Watermark Bawaan Ms. Word (fungsinya untuk menggunakan watermark yang sudah ada pada Ms. Word), More Watermark (fungsinya untuk mengunduh watermark secara on line), Custom Watermark (fungsinya untuk membuat watermark sesuai keinginan kita), dan Remove Watermark (fungsinya untuk menghapus watermark).
Baiklah, saya pikir sobat sekalian sudah paham dengan sedikit penjelasan di atas. Pada kesempatan kali ini, kita akan bahas mengenai Custom Watermark. Seperti yang sudah saya katakan tadi, Custom Watermark digunakan untuk membuat watermark sesuai keinginan kita. Bila kita klik pada pilihan Custom Watermark tersebut maka akan muncul windows baru seperti ini.

Seperti yang bisa sobat lihat sendiri pada gambar di atas, windows tersebut terdapat 3 pilihan menu. No watermark (Untuk menghilangkan watermark), Picture Watermark (Untuk membuat watermark menggunakan gambar), dan Text Watermark (Untuk membuat watermark menggunakan teks).

Tampilan jika kita mengklik pada pilihan Picture Watermark adalah sebagai berikut:


 Saya pikir menunya sudah cukup jelas kan sob jadi tidak perlu dijelaskan lagi. Sedangkan tampilan jika kita memilih Text Watermark adalah berikut ini:
 

Perlu dijelaskan gak sobat (kayak saya pintar saja ya sob,,hehehe)? Baiklah kita bahas secara singkat saja.
  • Languageadalah untuk mengganti bahasa tulisan kita.
  •  Textadalah untuk membuat teks watermark. Jika kita klik panah yang ada di sebelah kanan tulisan Asli tersebut maka akan muncul beberapa pilihan kata yang telah disediakan oleh Ms. Word. Namun jika Sobat ingin menggunakan kata-kata sendiri, tinggal diblok saja tulisan Asli tersebut kemudian ketikkan kata-kata yang sobat inginkan. 
  • Fontadalah untuk mengganti jenis huruf yang akan kita pakai sebagai watermark. 
  • Sizeadalah untuk menentukan ukuran huruf yang akan kita pakai sebagai watermark. 
  • Coloradalah untuk menentukan warna huruf yang akan kita pakai sebagai watermark. Hilangkan tanda ceklis yang ada di sebelah kanan jika tidak ingin membuat watermark terlihat semi transparan.
  •  Layoutadalah untuk menentukan posisi watermark kita. Apakah akan kita buat dalam posisi diagonal atau horizontal.
 Setelah kita tentukan semuanya, jangan lupa klik Ok atau Apply dan selesai sudah pembuatan watermarknya sobat. Lihatlah hasilnya Sobat, jika hasilnya kurang memuaskan maka ulangi kembali pembuatan watermark tersebut sampai Sobat merasa benar-benar puas. Pokoknya jangan enggan untuk terus menerus melakukan uji coba atau bahasa kerennya Try & Error gitu. Hehehehe....

Hasil yang saya buat seperti di bawah ini.


Baik sobat, sekian dulu tips & trik kita kali ini. Jika ada yang kurang mengerti silakan tanyakan melalui kolom komentar. Semoga tips sederhana ini dapat membantu sobat sekalian. Terima kasih.
 
Good Luck....!!!!

Leave a Reply

Kami merasa senang jika Anda bersedia meluangkan sedikit waktunya untuk memberikan tanggapan Anda agar Mas Nirwana Blog menjadi lebih baik lagi.

Terima Kasih Atas Kunjungannya

Salam Kreatif....!!!!

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

- Copyright © Mas Nirwana Blog - Robotic Notes - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -