Posted by : Agus Nirwana Minggu, 17 Juni 2012

Kesalahan di dalam pengetikkan sebuah naskah, dokumen, laporan, dll. bukanlah sebuah permasalahan yang baru lagi. Baik itu hanya salah satu atau dua kata saja namun yang namanya salah maka tetap saja salah namanya. Tentu saja yang namanya kesalahan harus diperbaiki kan sob? maka dari itu, untuk membantu memudahkan pencarian kata-kata karena salah pengetikkan di Ms. Word ada banyak cara yang bisa dilakukan.

Cara pertama adalah menggunakan sebuah software Word Corrector 8.6:
Word Corrector 8.6 adalah software untuk mendeteksi serta mengoreksi adanya kesalahan ketik dan kesalahan ejaan dalam Bahasa Indonesia. Software ini akan menyatu dengan Microsoft Word yang sudah ada di komputer Anda dan berjalan secara otomatis.
Word Corrector 8.6 cocok dengan Microsoft Word 2000, XP, 2003 dan 2007. Word Corrector tidak membuat komputer Anda berjalan lambat atau terganggu kestabilannya. Windows, Ms Word dan program-program lain di komputer Anda akan tetap berjalan normal dan lancar. Cara instalasi Word Corrector sangat mudah. Dalam paket penjualan sudah ada panduan step-by-step yang tinggal Anda ikuti. Kalau Anda masih kesulitan, Anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan bantuan.

Investasi Untuk Mendapatkan Word Corrector 8.6 hanya Rp. 210.000,-
Sekali investasi untuk seumur hidup. Bisa di-install di banyak komputer dengan mudah. Kami akan proses pemesanan Anda dengan sangat cepat. Setelah Anda konfirmasi pembayaran, Software Word Corrector langsung kami kirim ke alamat e-mail Anda agar Anda bisa segera men-download-nya. Ukuran file software Word Corrector cuma 1.5 Mb.
Cara tersebut bisa anda lakukan jika anda memiliki uang lebih. saya sendiri sampai saat ini belum mencoba cara itu, sehingga saya tidak bisa menggambarkan seberapa besar tingkat keefektifan cara tersebut.

Cara Kedua 
Dengan bermodalkan akses internet, ternyata ada alternatif yang bisa kita lakukan untuk mempermudah pemeriksaan kata salah ketik tersebut. Gratis, cukup efektif, dan sangat efisien. Berikut ini dia cara-caranya:

1. Persiapan; yang kita butuhkan untuk ini adalah akses internet karena yang akan kita gunakan untuk membantu pekerjaan kita adalah Google Translate, tapi jika Anda punya translator offline seperti Transtool atau translator, maka akses internet sebenarnya tidak diperlukan. Namun, saya tetap merekomendasikan menggunakan google translate karena salah satu kelebihannya adalah memiliki koleksi kata yang kaya dan dapat menerjemahkan banyak kata sekaligus. Kedua adalah software Microsoft Word. Dalam praktek kali ini, saya menggunakan Ms. Word 2007. Sebenarnya semua tipe bisa dipakai dan caranya sama saja.

2. Pengerjaan,

2.1. Buka file yang akan diperiksa kesalahan dalam pengetikkannya.
2.2. Buka Google Translate. Pilih terjemahan dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Seperti gambar berikut ini.
 

2.3 Copy/salin seluruh tulisan pada Ms. Word yang akan di cek kebenarannya, paste di google translate dan terjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

2.4 Setelah selesai diterjemahkan, copy hasil terjemahan dan paste ke dokumen baru Ms. Word.

2.5 Rubah bahasa Ms. Word ke bahasa Inggris

2.6 Sekarang, tulisan yang salah dalam pengetikkan akan otomatis digaris bawah merah oleh Ms. Word. Periksa kembali tulisan yang bergaris bawah merah tersebut, jika yang di garis bawahi adalah nama tempat atau nama orang silahkan di abaikan. Dibawah ini contohnya…

2.7. Setelah melihat kata-kata yang salah ketik, perbaiki pada file asli kita, bukan pada file hasil translate karena translate hanya kita gunakan untuk alat bantu. 


Selamat Mencoba. Good Luck...!!!



Sumber: ***

Leave a Reply

Kami merasa senang jika Anda bersedia meluangkan sedikit waktunya untuk memberikan tanggapan Anda agar Mas Nirwana Blog menjadi lebih baik lagi.

Terima Kasih Atas Kunjungannya

Salam Kreatif....!!!!

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

- Copyright © Mas Nirwana Blog - Robotic Notes - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -