Posted by :
Agus Nirwana
Sabtu, 28 Januari 2012
Lanjutan dari halaman sebelumnya: BAB III
A. Deskripsi Data
B. Uji Hipotesis
C. Pembahasan
D. Implikasi
Untuk melihat Bab V silahkan Klik disini
BAB IV
HASIL PENELITIAN
A. Deskripsi Data
Variabel dalam penelitian ini dua, pertama, variabel bebas yaitu penilaian hasil belajar yang dilakukan guru (X), dan kedua, variabel terikat yaitu motivasi belajar siswa (Y). Berdasarkan penelitian diperoleh data mengenai penilaian hasil belajar dan motivasi belajar siswa SMA Pembangunan UNP Padang melalui penyebaran angket kepada siswa dari kelas X – XII sebanyak 10 orang dan kemudian data dari 10 orang tersebut dianalisis.
Angket penelitian dari 10 orang siswa yang dianalisis, terdapat butir pernyataan sebanyak 37 pernyataan dengan alternatif jawaban selalu (SL), sering (SR), jarang (JR), dan tidak pernah (TP). Rentang skala 1-4 yang terdiri atas 13 indikator. Pada variabel penilaian hasil belajar ada 7 indikator dan variabel motivasi belajar terdiri atas 6 indikator.
B. Uji Hipotesis
Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment, pengujian dilakukan antara penilaian hasil belajar dengan motivasi belajar siswa menggunakan perbandingan harga r yaitu rhitung < rtabel untuk hubungan yang tidak signifikan (H0 diterima) sedangkan jika rhitung > rtabel berarti terdapat hubungan yang signifikan (H1 diterima). Hasil yang diperoleh dalam analisis ini rhitung 0,68 sedangkan nilai rtabel 0.205, jadi rhitung 0,68 > rtabel 0,205 hal ini berarti bahwa hipotesis H0 ditolak sedangkan H1 yang menyatakan terdapat hubungan yanng signifikan antara penilaian hasil belajar dengan motivasi belajar siswa diterima.
C. Pembahasan
Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis yang dilakukan terhadap penilaian hasil belajar dan motivasi belajar siswa, dapat terlihat bahwa antara penilaian hasil belajar dan motivasi belajar siswa terdapat hubungan yang signifikan. Hal ini berarti bahwa penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru mempengaruhi motivasi belajar siswa secara umum. Hal ini sealur dengan teori humanistik Skinner yakni untuk memahami tingkah laku siswa secara tuntas kita harus memahami hubungan antar satu stimulus dengan stimulus lainnya, memahami respon itu sendiri, dan berbagai konsekwen yang diakibatkan oleh respon tersebut. Berbagai cara yang dilakukan guru untuk menilai hasil belajar siswa merupakan stimulus yang diberikan oleh guru tersebut sedangkan respon dari siswa berupa motivasinya saat mengikuti kegiatan belajar mengajar.
D. Implikasi
Merujuk pada hasil penelitian, diperoleh data bahwasanya langkah-langkah melakukan penilaian hasil belajar yang dilaksanakan oleh guru mempengaruhi motivasi belajar siswa. Komponen penilaian hasil belajar merupakan salah satu bagian dari motivasi ekstrinsik yang diperlukan untuk mendorong motivasi instrinsik siswa untuk belajar. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan kesadaran dari pihak guru untuk meningkatkan penggunaan langkah-langkah dalam proses penilaian hasil belajar siswa. Hal ini dilakukan agar siswa mempunyai motivasi yang tinggi untuk belajar.
Untuk melihat Bab V silahkan Klik disini
Anda sedang membaca artikel tentang Contoh Penelitian Kuantitatif (Expost Facto) dan anda bisa menemukan artikel
Contoh Penelitian Kuantitatif (Expost Facto) ini dengan url https://masnir.blogspot.com/2012/01/contoh-penelitian-kuantitatif-expost_224.html. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel
Contoh Penelitian Kuantitatif (Expost Facto) ini jika memang bermanfaat bagi anda atau teman-teman anda, namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih
Related Posts :
- Back to Home »
- Berita , Metode Penelitian , Pendidikan , Tips And Trik »
- Contoh Penelitian Kuantitatif (Expost Facto)